korean street food, tteokbokki

Korean Street Food dan Tteokbokki, Kuliner Paling Enak di Korea!

@keliling_asia (Info Lengkap, Traveling Hemat) – Korea Selatan menawarkan citarasa kuliner unik yang begitu populer dan terkenal di seluruh dunia. Nah, berita baiknya untuk para pelancong, pilihan kuliner terbaik justru dapat kamu temukan di jalanan bukan di restoran bintang lima. Cicipi Korean Street Food dan Tteokbokki, kuliner paling enak di Korea!

Dari keripik ikan kering dan kue dadar daging hingga es krim besar dan roti lapis wafel, ada begitu banyak pilihan untuk beragam selera. Seoul adalah parade makanan murah nan lezat yang tak ada habisnya.

Tempat paling hits bagi pecinta kuliner di seputaran Seoul antara lain adalah Insadong, Myeong-dong, Jongno-gu dan Samcheongdong. Berikut adalah tujuh street food paling lezat di Korea Selatan dilansir dari shermanstravel:

Korean Street Food dan Tteokbokki, Kuliner Paling Enak di Korea!

1. Tteokbokki
korean street food, tteokbokki
Foto: Pinterest

Tteokbokki adalah salah satu hidangan yang paling banyak dikonsumsi di Seoul. Hidangan favorit istana kerajaan Korea ini awalnya dibuat dengan kue beras putih, daging dan sayuran, dan kecap, serta rasanya sangat ringan. Ada juga versi pedas. Kamu dapat memesan versi original maupun pedas sesuai selera.

2. Bungeoppang dan Poo Cakes
korean street food, tteokbokki
Foto: Pinterest

Jangan terkecoh dengan tampilan luarnya. Karena camilan satu ini tak ada hubungannya dengan ikan. Hanya saja, dibuat dengan cetakan mirip wafel yang berbentuk ikan. Isiannya berupa pasta kacang merah yang melimpah.

Ada lagi satu camilan yang sering membuat pelancong terkecoh, ‘Poo Cake’. Karena bentuknya seperti kotoran! Padahal isiannya kurang lebih sama dengan Bungeoppang, yakni pasta kacang merah. Adonannya begitu renyah. Kamu bisa mendapatkan dengan mudah jajanan ini di sekitar Insandong.

[Baca juga: Travelling on Budget? Ini Empat Tempat Makan Hemat di Jepang!]

3. Schnee Pang
korean street food tteokbokki
Foto: koreanbapsang

Kudapan asal Jerman ini, di negeri aslinya, dikenal dengan sebutan Scheneeball, atau bola salju. Di Seoul, Schnee Pang banyak dijajakan di stasiun kereta bawah tanah.

Schnee Pang versi Korea terbuat dari adonan dalam berbagai rasa seperti stroberi, cokelat, pisang, atau greentea. Dilapisi dengan cokelat, gula, atau kacang. Saat membeli, kamu bakal diberi palu kayu kecil untuk membantu memecahnya menjadi beberapa bagian. Unik ya!

4. Hotteok
korean street food, tteokbokki
Foto: What’s up Korea

Di persimpangan di tengah jalan utama Insandong, Semerbak wangi Hotteok yang menggugah selera, akan tercium sebelum kamu melihatnya. Hampir selalu ada kerumunan kecil berkumpul di sekitar sudut kios.

Hotteok atau hodduk merupakan camilan perpaduan antara pancake dan donat yang diisi dengan gula dan kacang tanah serta biji wijen. Coklat yang sedikit renyah dan berwarna keemasan di bagian luar begitu lembut saat dikunyah. Saat digigit isiannya lumer di mulut. Yummy! Kamu juga bisa menjadikan Hotteok sebagai menu sarapan praktis nan ekonomis.

5. Egg Bread
korean street food, tteokbokki
Foto: Klook

Egg bread, sepotong roti manis berbentuk oval dengan telur goreng di atasnya, dapat ditemukan dengan mudah di seluruh penjuru Seoul. Kalau mau yang unik dan beda, kamu bisa cari Egg Bread di kedai sekitar Insadong.

Apa yang bikin beda? Campuran keju yang super banyak. Kebayang kan lezatnya. Di musim salju, camilan ini selalu jadi primadona. Rotinya yang hangat dan keju yang lumer di setiap gigitan pasti bikin ketagihan.

[Baca juga: Empat Destinasi Memukau di Seoul, Korea Selatan]

6. Skewered Meat dan Fishcakes
korean street food tteokbokki
Foto: Pinterest

Orang Korea terkenal akan kecintaan mereka akan makanan pedas. Nah kalau kamu juga penikmat pedas, carilah kedai yang menyajikan daging ayam maupun sapi yang ditusuk dan dipanggang. Level rasa pedasnya kamu pilih sendiri mulai dari ringan sampai super pedas.

Banyak juga kedai yang menjajakannya bersamaan dengan fishcake, sosis, atau kepiting yang terbungkus dalam pasta ikan goreng. Di atasnya diberi mustard dan saus tomat, atau odeng, kue ikan yang telah direbus dan ditusuk. Odeng populer di musim dingin dan sering disajikan dengan kaldu panas.

7. Barbecue
korean street food tteokbokki
Foto: jorninseoul

Makanan Korea yang paling terkenal, barbeque juga salah satu kudapan terbaik dan disajikan di setiap sudut kota. Salah satu cara paling unik untuk menikmatinya adalah di Pojangmacha, atau restoran tenda pop-up. Tampilannya begitu sederhana, hanya bangku plastik, meja grills dibuat dari drum logam, dan biasanya hanya ada satu macam makanan di menu.

Aneka daging panggang yang lembut dengan aroma menggugah selera, disajikan dengan jamur, kimchi, selada, pasta kacang pedas, dan bubuk kacang serta wijen. Pesan juga beberapa putaran bir dan soju, minuman keras khas Korea yang terbuat dari beras. Dijamin kamu bakal puas.

Pojangmachas dapat ditemukan di seantero Seoul. Salah satu yang cukup happening dan tak pernah sepi, terletak di dekat stasiun Jongo 3-ga. Kamu cukup menyusuri gang di seberang hotel Lemontree untuk bisa sampai ke sini.

Enak, hemat, dan pastinya pengalaman seperti penduduk lokal bisa kamu dapati saat traveling ke Korea Selatan, kalau kamu mencicipi Korean Street Food dan Tteokbokki di atas. Seru ya, kapan kamu akan traveling ke Korea? ada ide lain tentang makan enak di Korea? share di kolom comment di bawah ini ya!

[Baca juga: Liburan ke Jepang? Rasakan Pengalaman Spiritual di Empat Kuil Ini]

Headline Foto: jorninseoul

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s