Traveling Hemat Keliling Asia Tenggara

Enam Rahasia Traveling Hemat Keliling Asia Tenggara

@keliling_asia (Info Lengkap, Traveling Hemat) – Negara-negara Asia Tenggara masih jadi destinasi favorit bagi pelancong khususnya backpacker Indonesia. Alasannya tentu karena relatif ramah di kantong. Penasaran? sekarang, traveling hemat keliling Asia Tenggara bukan hanya mimpi!

Nah, tapi kamu wajib harus tau tips dan triknya supaya liburan tetap on budget. Inilah enam rahasia traveling hemat keliling Asia Tenggara yang dirangkum dari berbagai sumber:

Traveling Hemat Keliling Asia Tenggara!

1. Rencanakan Dengan Matang
Traveling Hemat Keliling Asia Tenggara
Foto: dreamstime.com

Perencanaan liburan yang matang tentu jadi kunci! Kalau bisa rencanakan keberangkatan maksimal satu tahun sebelum. Kamu bisa atur jadwal cuti, mencari berbagai open trip hingga berburu aneka promo.

Contohnya, promo tiket pesawat yang bisa kamu dapat dengan harga super miring. Gunakan maskapai penerbangan hemat seperti Air Asia, Jet Star, atau Tiger Airway. Pastikan waktu keberangkatan saat Low Season alias tidak bersamaan dengan musim liburan, perayaan, atau festival tertentu karena sudah pasti tiket pesawat dan harga penginapan pada waktu-waktu ini bakal super mahal.

2. Pergunakan Privilige Bebas Visa
Traveling Hemat Keliling Asia Tenggara
Foto: Shutterstock

Melancong ke negara – negara ASEAN bisa jadi pilihan karena kamu tidak perlu memiliki visa kunjungan. Tentu ini sangat menghemat budget dan waktu kamu. Sembilan negara di ASEAN telah resmi bebas visa kunjungan bagi Warga Negara Indonesia.

Kamu cukup memperhatikan jangka waktu yang berbeda-beda diberlakukan pada setiap negara. Contohnya di Singapura, Malaysia, Vietnam, Kamboja, Laos dan Thailand (via pesawat) jangka waktu kunjungan bebas visa adalah 30 hari. Sedangkan di Filipina, Myanmar, dan Brunei, masing-masing memberlakukan 21 hari, 15 hari, dan 14 hari bebas visa kunjungan.

Namun, bila sewaktu-waktu memerlukan Visa saat traveling ke suatu negara di Asia Tenggara, kalian bisa langsung mengurus Visa On Arrival di Immigration Border. Mudah bukan?

[Baca juga: Travelling on Budget? Ini Empat Tempat Makan Hemat di Jepang!]

3. Live Like Locals
Traveling Hemat Keliling Asia Tenggara
Foto: charlieontravel.com

Daripada memburu tempat-tempat yang jadi incaran turis dan berpenampilan mencolok, ada baiknya untuk berbaur dengan penduduk lokal. Kamu bisa riset sebelumnya tentang kebiasaan penduduk yang akan kamu kunjungi. Siapkan juga Google translate atau aplikasi penerjemah lain yang bakal jadi dewa penolong.

Hal ini tentu akan membawa keuntungan. Selain mendapatkan pengalaman yang lebih ‘wow’, kamu juga bisa berinteraksi lebih banyak dengan penduduk lokal. Lagipula, kalau terlalu mencolok sebagai turis bisa-bisa ini dimanfaatkan para pedagang untuk mematok tarif lebih tinggi.

Oya, selalu bawa satu backpack yang simpel dan praktis. Ingat untuk hanya membawa barang-barang yang kamu butuhkan. Jadi, tak perlu memikul bawaan segunung yang pasti akan merepotkan di tengah perjalanan. Kalau bisa pilih pakaian yang menyerap keringat dan mudah kering. Ini juga bakal membuat isi tas kamu lebih longgar.

4. Cari Destinasi dan Atraksi Gratis
Traveling Hemat Keliling Asia Tenggara
Foto: yogawinetravel.com

Cara terbaik untuk menghemat selama travelling adalah mengincar atraksi atau aktivitas yang bisa kamu kunjungi dan lakukan secara cuma-cuma. Beberapa ide yang bisa kamu coba antara lain:

  • Mendaki gunung di Laos
  • Jalan-jalan di bagian terbuka di Gardens by the Bay Singapura
  • Beberapa tempat seperti di Malaysia bahkan menawarkan tur perjalanan gratis!

[Baca juga: Lima Tempat Wisata Gratis di Negeri Jiran, Yuk Datangi]

5. Networking
Traveling Hemat Keliling Asia Tenggara
Foto: pexels.com

Berkenalan dan perbanyaklah teman di negara-negara yang hendak kamu kunjungi. Kamu bisa memulai berkenalan dengan teman di negara lain melalui situs seperti Coach Surfing. Bisa juga mencari referensi penduduk lokal yang ramah dengan backpacker melalui komunitas traveler.

Kamu bisa menghemat biaya dengan menginap di rumah teman selama kunjungan di suatu negara. Jagalah komunikasi yang baik dengan para kenalan karena kamu tidak tahu kapan akan membutuhkan bantuan mereka.

6. Asah Skill Menawar
Traveling Hemat Keliling Asia Tenggara
Foto: apairandasparediy.com

Salah satu bagian seru yang tak terpisahkan dari backpacking di Asia Tenggara adalah menawar saat belanja di pasar lokal. Gunakan semua keahlian menawar yang sudah kamu miliki  dan dapatkan barang yang kamu inginkan dengan harga yang lebih murah. Ini juga bisa jadi ajang untuk mengasah skill negosiasi kamu.

Itulah enam rahasia traveling hemat keliling Asia Tenggara yang bisa kamu coba dan kalau kamu mempunyai pengalaman atau ide lainnya, silahkan share di kolom komentar yaa.

[Baca juga: Lima Akomodasi Termurah, Terhemat di Singapura]

Headline Foto: apairandasparediy.com

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s