Foto: Sassy Hongkong

Lima Destinasi Memukau di Turki

@keliling_asia – Turki adalah negara yang menawarkan banyak keindahan. Mulai pantai yang bermandikan cahaya matahari hingga pegunungan yang subur, dari kota-kota modern yang ramai hingga kota tua yang bersejarah.

Rasanya mungkin seperti berada di negeri dongeng. Berikut adalah lima tempat unik dan memukau yang patut dikunjungi, kapanpun tanpa batasan waktu, seperti dilansir dari journalofnomads:

1.Olympos
 Foto: Pinterest
Foto: Pinterest

Kalau kamu tertarik menghabiskan malam di rumah pohon, nongkrong dengan komunitas hippie yang keren di hutan pinus yang cantik dan menjelajahi reruntuhan kuno yang ditumbuhi hutan di Indiana Jones, maka Olympos adalah tempat yang tepat!

Cara terbaik untuk menghabiskan beberapa hari di Olympos tanpa menghabiskan budget adalah dengan menyewa sebuah rumah pohon di Hutan Pohon Olympos Woods. Pemiliknya sangat ramah, terlebih lagi kamu bisa mendapat tips jitu apa saja yang harus dilakukan saat mengeksplorasi Olympos.

Kebanyakan orang datang ke sini untuk menjelajahi reruntuhan Olympos kota kuno. Yang mengejutkan, sebagian besar reruntuhan ini ditumbuhi oleh hutan, yang memberi suasana supernatural yang kental. Jika Anda ingin mengunjungi kompleks reruntuhan, pastikan Anda melihat peta resmi sebelumnya. Karena daerah ini cukup besar dan kamu mungkin saja tersesat di tengah-tengah jalan kecil.

Kalau kamu ingin mengabadikan gambar yang menakjubkan dari tempat ini, baiknya pergi ke Olympos sebelum matahari terbenam.

Transportasi Umum:

  • Naik bis dari Antalya – request turun langsung di depan rumah pohon
2. The Lycian Way
Foto: Journal of Nomads
Foto: Journal of Nomads

The Lycian Way adalah jalan setapak yang membentang di 540 km pegunungan, garis pantai, dan kembang dari Fethiye ke Antalya. Kalau kamu suka melakukan pendakian panjang di alam dan ingin menguji stamina, kamu bakal menyukai spot ini.

Hiking akan memakan waktu total sekitar 29 hari. Kamu bakal menyusuri situs-situs arkeologi utama, garis pantai yang indah, pantai yang indah dan hutan yang subur.

Jejak sepanjang jalur hiking ini ditandai dengan logo merah dan putih sehingga tidak perlu khawatir tersesat di sepanjang jalan. Kamu juga bakal melewati banyak desa dan kota kecil yang menawarkan akomodasi dan makanan murah meriah. Berkemah bisa jadi alternatif terakhir di sini.

Transportasi Umum:

  • Naik dolmuş (minibus lokal) melewati Ölüdeniz – turun di selatan Bundaran Ovacık / Hisarönü, di tanda besar ‘Montana Resort Hotel’ – tulisan The Lycian Way berada di seberang.

[Baca juga: Yuk, Ngopi di Enam Kedai Kopi Terbaik Istanbul, Turki]

3. Pamukkale
lima destinasi memukau di turki - keliling asia - 3
Foto: Journal of Nomads

Pamukkale berarti “benteng kapas” dalam bahasa Turki dan nama itu sangat cocok untuk tempat ini. Ini adalah lanskap yang menakjubkan bak di dalam dongeng. Mulai dari hutan mineral berwarna putih, air terjun yang membatu, dan serangkaian kolam air hangat yang berteras. Tambahkan air terjun yang tak terhitung jumlahnya ke dalam list.

Teras terbuat dari travertine, sedimen putih yang disimpan oleh air dari mata air panas. Ini memadat dari waktu ke waktu dan menjadi sekeras batu. Sedimen ini telah menciptakan banyak platform, tebing, dan teras, memberikan tempat munculnya kastil putih raksasa.

Suhu air yang muncul dari 17 mata air biasanya antara 35 ° C (95 ° F) hingga 100 ° C (212 ° F) dan kamu bisa merasakan sensasi mandi super mewah di sini. Konon, Cleopatra sendiri mandi di kolam-kolam ini. Pamukkale juga mencakup situs reruntuhan kota Yunani-Romawi kuno yang disebut Hierapolis.

Transportasi Umum:

  • Naik pesawat dari Istanbul ke Bandar Denizili – naik bus atau lakukan perjalanan ke lokasi sekitar 45 menit
4. Konya
 Foto: Pinterest
Foto: Pinterest

Tidak ada perjalanan ke Turki yang lengkap tanpa kunjungan ke kota ikonik ini. Konya adalah ibu kota Islam Turki dan rumah penyair spiritual Rumi yang terkenal. Dari arsitektur yang luar biasa, makanan lezat, dan masjid tertua di Turki, Konya adalah kota yang kental akan nilai histori dan budaya.

Salah satu alasan utama orang mengunjungi kota ini, adalah melihat museum Mevlana. Rumah itu menaungi makam Rumi, seorang mistikus, seorang sufi yang mencintai semua agama yang agamanya adalah cinta.

Saksikan pertunjukkan yang diadakan setiap Sabtu malam pukul 19.00 di Pusat Kebudayaan Mevlana secara gratis! Anda sebaiknya pergi lebih awal untuk mendapatkan posisi duduk terbaik menyaksikan para darwis melakukan Sufi Spinning.
Menonton mereka menari sangat memesona dan menghipnotis

Transportasi Umum:

  • Bis MetroTurizm Istanbul – Konya. Ada dua perjalanan setiap harinya dengan harga tiket $13 – $2.
  • Total perjalanan sekitar 10 jam dengan menggunakan pesawat Turkish Airlines dan AtlasGlobal, rute Istanbul – Konya (Terbang setiap 4 jam).
5. Cappadocia
DCIM101GOPROGOPR4377.
Foto: Sassy Hongkong

Cappadocia adalah pemandangan super spektakuler di Turki Tengah di mana balon udara melambung tinggi dan orang-orang tinggal di gua dan rumah batu. Kedengarannya hampir seperti tanah dari dongeng dengan “fairy chimneys” (formasi batu berbentuk kerucut tinggi) Cappadocia memiliki pemandangan menakjubkan. Ini adalah tanah dataran yang luas, perbukitan, pegunungan terjal dan gunung berapi yang punah.

Cappadocia menyimpan sejarah yang luar biasa. Penghuni pertama di wilayah ini adalah troglodytes (penghuni gua) yang mengukir rumah mereka ke dalam batuan berpori di daerah tersebut dan mencari perlindungan di bawah tanah.

Mereka bahkan menciptakan beberapa kota bawah tanah! Rumah-rumah gua itu kemudian digunakan oleh orang Kristen awal yang melarikan diri dari penganiayaan Romawi. Saat ini orang Turki menggunakan gua sebagai rumah mereka sendiri.

Mau merasakan langsung sensasi tidur dalam gua? Tentu saja kamu bisa mencobanya! Lambat laun rumah gua ini pun menjadi bisnis. Sehingga tak heran kalau kini bermunculan hotel gua.

Transportasi Umum:

  • Jalur udara via Istanbul Atatürk Airport (IST) – tujuan Kayseri Erkilet Airport (ASR) atau Nevşehir Kapadokya Airport – lanjut naik bis hingga Cappadocia
  • Jalur darat naik kereta cepat via Ankara atau Konya – tujuan Eskişehir – lanjut naik bis atau mobil hingga Cappadocia
  • Jalur darat naik bis Malam Metro Turizm atau Seyahat via Istanbul – tujuan Cappadocia (10 – 12 jam).

[Baca juga: Keliling Empat Pantai Terindah di Turki]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s