Foto: Booking.com

Ini Enam Tips Hemat Liburan di Australia

@keliling_asia – Biaya hidup di Australia terkenal cukup tinggi. Kamu perlu memiliki strategi khusus saat berlibur ke sana. Apalagi kalau kantong terbilang pas-pasan.

Ada beberapa tips yang bisa dicoba agar liburan tetap menyenangkan. Dengan budget yang terbatas, kamu tetap bisa menikmati berbagai destinasi berkeliling Negeri Kanguru.

Berikut tipsnya diolah dari berbagai sumber:

1. Cari Tiket Pesawat Promo
Foto: Last Minute au
Foto: Last Minute au

Usahakan agenda liburan ke Australia sudah dirancang jauh-jauh hari. Dengan begitu kamu bisa mendapat tiket promo. Liburan harus dipersiapkan dengan matang.

Persyaratan untuk mengurus visa harus lengkap. Jika nasib sedang mujur bisa saja memperoleh multiple entry yang berlaku selama 3 tahun. Jadi kalau mau plesiran lagi ke Australia enggak repot bolak-balik urus visa.

2. Bawa Bekal Makanan
Foto: Healthy Meals to Go
Foto: Healthy Meals to Go

Nah makan jadi hal yang perlu diperhatikan. Bisa dibilang makan di Australia cukup mahal. Hampir rata-rata restoran di sana mematok harga sekali makan A$ 12 – 25 atau sekitar Rp 120.000 hingga Rp 250.000 per orang.

Untuk menyiasatinya, coba bawa bekal yang kamu masak sendiri. Daging mentah, sayur mayur hingga makanan siap saji tersedia di supermarket terdekat. Harganya tentu jauh lebih murah. Untuk bumbu, biasanya sudah banyak yang menjual bumbu jadi, sekali pakai. Acara masak-memasak kamu pun bakal lebih praktis!

[Baca juga: Nikmatnya Ngopi di Lima Kedai Terbaik Sydney, Australia]

3. Pilih Akomodasi Strategis
Foto: Booking.com
Foto: Booking.com

Untuk yang ini poin pentingnya adalah cari yang dekat dengan pusat keramaian. Jadi mudah menjangkau transportasi. Di sana ada beberapa varian hostel yang menyediakan jenis dorm dengan harga terjangkau. Capsule hotel juga bisa masuk pertimbangan. Biasanya lokasinya tak jauh dari bandara atau pusat transportasi massal dengan sistem bayar per jam. Jadi kamu bisa beristirahat secukupnya dan segera melanjutkan perjalanan lagi.

4. Bawa Botol Minum
Foto: Digg
Foto: Digg

Usahakan kemana-mana membawa botol minum atau tumblr. Di Australia, kamu bisa memanfaatkan fasilitas air minum yang bisa langsung dikonsumsi dari kran. Gratis! Dengan begitu sudah pasti kamu bisa berhemat, badan pun sehat. Karena air kemasan berukuran 600 ml dihargai 2-3 dollar Australia atau sekitar Rp 20.000-30.000.

[Baca juga: Jelajahi Lima Taman Menawan di Sydney, Australia]

5. Nikmati Fasilitas Kendaraan Umum Gratis
Foto: Visit Victoria
Foto: Visit Victoria

Tak sulit keliling di Australia dengan menggunakan transportasi umum. Sistemnya sudah teratur sehingga sangat memudahkan pelancong. Mulai dari kereta hingga bus umum tersedia di setiap kota.

Untuk bus keliling kota, bisa menggunakan City Circle Tram untuk daerah Melbourne. Cat Bus untuk daerah Perth. Kamu tidak akan dipungut biaya alias gratis. Tapi jangan lupa pantau jam operasionalnya, ya!

6. Datangi Obyek Wisata Gratis
Foto: Australia.com
Foto: Australia.com

Banyak obyek wisata gratis bisa ditemui. Meski tak berbayar dijamin indah. Mulai dari taman hingga pantai bisa menjadi destinasi wisata menghabiskan waktu liburan.

Beberapa yang layak didatangi seperti Royal Botanic Gardens, Kings Park, Sungai Swan hingga Pantai Cottesloe. Selamat mencoba enam tips hemat di atas!

[Baca juga: Yuk, Berburu 10 Pantai Eksotis Di Sydney, Australia]

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s