Jelajahi Lima Taman Menawan di Sydney, Australia

@keliling_asia – Sydney, Australia menjadi salah satu kota yang memiliki banyak ruang terbuka hijau. Terutama di bagian selatan Sydney.

Taman-taman kotanya begitu menawan dan selalu dipadati wisatawan maupun penduduk lokal. Anda dapat berbincang santai, jogging, bersepeda atau bahkan hanya sekadar melahap buku kesukaan di bawah teduhnya pepohonan. Berikut lima taman di Sydney yang wajib dikunjungi dilansir dari sydney.com:

1. Wendy Whiteley’s Secret Garden
taman australia - keliling asia - wendy.jpeg
Foto: sydney.com

Wendy Whiteley’s Secret Garden adalah taman kota yang terbuka untuk publik. Taman ini bagaikan oasis di jantung kota Sydney yang banyak diminati pengunjung.

Anda dapat tiba di sini hanya dengan berjalan kaki sebentar dari Sydney Harbour Bridge. Anda juga dapat menempuh jarak lebih singkat dengan berjalan dari Milsons Point dan stasiun kereta api North Sydney.

Secret Garden adalah surga tempat Anda dapat menjelajahi jalur berkelok-kelok menemukan berbagai monumen dan patung, menikmati keranjang piknik atau membaca buku di bangku taman. Anda pun dapat menikmati alam dan ketenangan dari sekeliling Anda yang indah. Anda bahkan mungkin menemukan rumah peri tersembunyi.

Tak main-main, taman ini diciptakan melalui proses panjang selama lebih dari 20 tahun oleh seniman Wendy Whiteley, istri dari seniman Australia Brett Whiteley. Secret Garden terletak di belakang Luna Park dan Lavender Bay salah satu pinggiran kota Sydney yang paling spektakuler, dan mungkin terkecil.

Area kebun gratis dan terbuka untuk umum sepanjang pekan. Meskipun pengunjung dengan mobilitas terbatas hanya dapat mengakses bagian paling atas dari taman, pengalaman menjelajahi Secret Garden pasti menjadi hal yang berkesan!

Lavender Street via Clark Park – Lavender Bay NSW 2060
Buka setiap hari 24 jam

Transportasi Umum:
Naik kereta menuju stasiun Milson Points atau North Sydney, lanjutkan dengan jalan kaki menyusuri jalan Lavender.

2. Parramatta Park
parramata park - keliling asia - australia - sydney.jpeg
Foto: parrapark.com

Taman Parramatta yang terdaftar sebagai Warisan Dunia jadi salah satu taman yang wajib Anda kunjungi di Sydney. Taman ini kaya sejarah terutama bagi penduduk asli Australia, Aborigin. Penggemar sejarah dapat mengikuti tur kurator yang dibangun oleh narapidana yang dibangun pada abad ke-18.

Tempat ini pun ramah untuk liburan keluarga. Ada dua tempat bermain yang menyenangkan. Anak-anak dapat bersepeda dan bermain dengan aman di area off-road yang tertutup. Di samping pintu masuk Macquarie Street juga terdapat taman mawar besar yang mempesona berisi koleksi mawar indah.

Corner Pitt Street and Macquarie Street – Parramatta NSW 2150
Buka setiap hari 24 jam

Transportasi Umum:
Naik Free Shuttle Bus yang berangkat setiap 10 menit. Dengan tiga pemberhentian Macquarie Street West, O’Connell Street, dan Leagues ClubN

Naik Kereta – T1 // Naik Bis 606, M52, M54, M60

[Baca juga: Empat Kuliner Hits Wajib Icip di Sydney]

3. Royal Botanic Garden
royal botanic garden - sydney - australia - keliling asia - taman australia.jpeg
Foto: sydney.com

Royal Botanic Garden Sydney, sebuah oasis seluas 30 hektar di jantung kota. Dikelilingi Farm Cove di tepi Sydney Harbour, The Gardens menempati salah satu spot di Sydney yang paling spektakuler.

Didirikan pada tahun 1816, taman ini adalah lembaga ilmiah tertua di negara ini dan merupakan rumah bagi koleksi tanaman yang luar biasa dari Australia dan berbagai penjuru dunia lainnya.

Dari tanaman langka dan terancam di dunia hingga taman mawar romantis ada di sini. Area taman di sini dikelompokkan bertema. Sehingga semakin menunjukkan keindahan alam yang beragam.

Anda dapat mengikuti tur jalan kaki dengan pemandu yang dimulai pukul 10.30 setiap hari dari Garden Shop. Tentu tanpa dipungut biaya alias gratis.

Jika ketinggalan tur ini, Anda pun dapat mengunduh aplikasi gratis untuk tur berjalan kaki mandiri. Dipandu oleh audio dari aplikasi tersebut. Tak hanya itu Anda juga akan mendapat informasi mengenai acara terbaru.

Mrs Macquarie road, Sydney NSW 2000
Buka setiap hari 09.00 – 17.00

Transportasi Umum:
Naik bis tujuan Circular Quay – naik lift menuju Cahill Expressway – jalan kaki melintasi Macquarie Street – Masuk melalui Northern Depot Gate.

4. Hyde Park
hyde park - australia - sydney - keliling asia - taman australia.jpeg
Foto: sydney.com

Hyde Park adalah taman tertua di Australia. Bagian selatan Hyde Park berisi gedung memorial ANZAC dan pusat pengunjung, kolam refleksi dan berbagai monumen serta patung. Sedangkan di bagian utara menampilkan Air Mancur Archibald yang ikonik dan berbagai taman dengan tema variatif termasuk Sandringham dan Nanya. Hyde Park penuh dengan karya seni, monumen dan air mancur.

Taman ini berisi sekitar 580 pohon eksotis, termasuk di area jalan tengah bersejarah dari Hill’s Figs yang menghubungkan jalur pejalan kaki utama dari Macquarie Street ke ANZAC Memorial.

Hyde Park menjadi tuan rumah bagi sejumlah acara budaya sepanjang tahun termasuk Festival Sydney, Hari Australia, Hari ANZAC dan Bazaar kuliner dan wine. Taman ini merupakan daya tarik yang populer. Pekerja dan wisatawan berkumpul sepanjang tahun untuk menikmati pemandangan dari ruang publik ikonik ini.

Elizabeth Street – Hyde Park NSW 2000
09.00 – 17.00

Transportasi Umum:
Naik kereta – turun di Museum Station – keluar dan lanjutkan dengan jalan kaki sekitar 50 meter

5.Chinese Garden Of Friendship
chinese of garden frienship - taman australia - sydney - australia - keliling asia.jpg
Foto: sydney.com

Pernahkah Anda membayangkan sebuah taman rahasia? Tempat untuk melarikan diri, untuk bermeditasi dan merasakan sensasi matahari di wajah Anda? Chinese Garden of Friendship adalah jawabannya.

Di sini Anda dapat menepi dari hiruk-pikuk Sydney. Letaknya yang cukup tersembunyi berhasil menciptakan nuansa tenang nan syahdu.

Lebih dari sekadar taman kota, taman ini menghadirkan kembali filosofi dan harmoni taman tradisional Tiongkok melalui air terjun, danau, tanaman eksotis, paviliun, dan jalan-jalan setapak yang tersembunyi. Dengan ikan mas koi yang berenang di danau dan kedai teh yang menyajikan teh Cina serta sepiring dim sum. Dijamin Anda bakal enggan beranjak dari taman rahasia di Darling Harbour ini.

Pier Street Darling Harbour, NSW, 2000
Tutup setiap Jumat Agung dan Natal
Buka setiap hari. Masuk terakhir 15 menit sebelum gerbang ditutup
09.30 – 17.00 (Apr – Sep)
09.30 – 17.30 (Okt – Mar)

Transportasi Umum:
Naik kereta T1, T2, atau T4. Naik bis 440, 441, 483, atau M20. Atau berjalan kaki sekitar 10 menit dari Darling Harbour.

[Baca juga: Yuk, Berburu 10 Pantai Eksotis Di Sydney, Australia]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s